Etika Bisnis

Bisnis 

Merupakan perseorangan maupun kelompok yang memiliki tujuan menciptakan barang maupun jasa untuk dijual dan mendapatkan keuntungan adalah pengertian dari Bisnis. Sedangan Etika Bisnis sendiri adalah suatu prinsip etika dan masalah yang berlaku dalam lingkungan bisnis. Dalam hal ini etika bisnis berlaku untuk seluruh aspek bisnis mulai dari produksi, distribusi, pemasaran, penjualan, dan konsumsi.

KENAPA PERLU ETIKA BISNIS?

Bisnis merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan masyarakat. Bisnis bukan hanya mempertaruhkan barang maupun uang, namun juga mempertaruhkan nama, harga diri, hingga nasib orang yang terlibat. Etika dalam bisnis mampu memberikan pedoman bagi para pihak yang melakukannya. Dengan mempelajari Etika bisnis dapat dipahami bahwa bisnis yang terbilang sukses adalah salah satunya bisnis yang etis dan memelihara dengan baik hubungan manusia yang terlibat didalamnya.


PRINSIP

Otonomi: kemampuan mengambil keputusan dengan tanggung jawab
  • Kejujuran: jujur merupakan salah satu kunci keberhasilan bisnis
  • Keadilan: tiap orang dalam bisnis harus mendapat perlakuan sesuai hak nya masing-masing
  • Saling Menguntungkan: supaya semua pihak berusaha untuk saling menguntungkan, demikian juga berbisnis yang kompetitif
  • Integritas Moral: pebisnis harus menjaga nama baik pribadi maupun perusahaan agar tetap dipercaya

Masalah ETIKA dalam BISNIS

Masalah etika dalam bisnis sering muncul dikarenakan mempertimbangkan keuntungan materi. Jalan terbaik untuk menentukan suatu tindakan dalam bisnis itu etis ataupun tidak adalah dengan melihat dari sisi customer maupun kompetitor.

E-COMMERCE BERMASALAH?

  


E-Commerce merupakan salah satu kemampuan perusahaan untuk menyediakan website dinamis di internet yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis secara elektronik. Beberapa keuntungan nya adalah sebagai berikut:

  • akses terhadap pasar global
  • penjualan tanpa perantara
  • usaha kecil dapat bersaing dengan usaha besar
  • jual beli kapan saja
  • dapat membangun loyalitas konsumen
  • mengurangi biaya pemasaran
  • perusahaan mendapat informasi detail tentang konsumen
  • keamanan transaksi dan situs

Disamping keuntungan-keuntungan yang ditimbulkan dari e-commerce timbul juga berbagai permasalahan seperti

  • Web Spoofing: bentuk penipuan dengan meniru situs website dengan cara menyamar menggunakan nama yang hampir sama
  • Cyber-squatting: tindakan mendaftarkan domain yang terasosiasi dengan nama perusahaan lain dan kemudian berusaha mencari keuntungan dengan menjualnya kepada perusahaan tersebut.
  • Privacy Invasion: penyalah gunaan informasi pribadi konsumen
  • Online Piracy: pembajakan online yang melanggar hak atas kekayaan intelektual
  • Email spamming: email yang pernah dimasukan oleh konsumen dijadikan sebagai pasar untuk mengiklankan produk secara berkala

    Universitas Jember Mengajak kita untuk memaham tentang Bisnis di Dunia Maya dan apa apa saja yang harus kita waspadai  agar kita tidak salah dalam bertindak tanduk di Dunia Maya  Demikianlah resume materi minggu lalu man-teman,meskipun banyak,tetep dibaca sampai selesai yaa!Semoga bermanfaat..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

IT Forensic

Cyber Crime

Peraturan Dan Regulasi Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi